News


Mengemas Kusta Menjadi Berita

Posted: 2023-08-14 | Written by: Novfrista

  Akademia, kusta merupakan penyakit menular yang cara penularannya tidak mudah. Penyakit ini masuk dalam kategori penyakit tropis terabaikan karena sudah ada sejak tahun 1400 sebulum masehi dan masih mengintai masyarakat hingga saat ini. Penyakit ini bisa disembuhkan pada waktu yang tepat, akan tetapi jika terlambat bahkan tidak diobat bisa menyebabkan disabilitas.

Orang yang terdiagnosa kusta maupun penyandang disabilitas akibat kusta sering mendapat stigma dan perlakuan diskriminatif dari masyarakat. Kondisi ini mengakibatkan banyak orang enggan memeriksakan diri untuk kusta sehingga menghambat penanggulangan dan pencegahan disabilitas yang rtanlebih serius. Informasi mengenai kusta semakin kompleks karena kurangnya tenaga kesehatan dan minimnya informasi berdasarkan fakta tentang kusta.

    Sementara itu, untuk meningkatkan pengetahuan publik tentang kusta dan disabilitas NLR Indonesia bekerjasama dengan KBR mengadakan Media gathering dengan tema “Mengemas Kusta menjadi Berita, pada Jumat (11/8) yang bertempat di Verse Luxe Hotel Wahid Hasyim. Acara ini diikuti oleh jurnalis dari berbagai media dengan harapan menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman isu dan kapasitas Jurnalis Indonesia dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas kusta.

 

Sumber : Release KBR


 

Comments

There are no comments

Post a comment